https://infobalinews.com/AssetsSite/img/icon/Logo_Kiri20170914102329.png

Waka Polda Jatim : “Humas Bukan Hanya Pelengkap..”

  • Kamis, 30-September-2021 (22:15) Binkam lena@gmail.com

    Pasuruan – Setelah kasus Covid – 19 di Jawa Timur dinyatakan melandai,Bidang Humas Polda Jawa Timur menggelar Rapat kerja teknis ( rakernis ), Kamis 30 September 2021 di Hotel Surya and Cottege Prigen -  Pasuruan.

    Rakernis yang dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan ketat ini dibuka oleh Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H, M.H dan diikuti oleh 39 orang Kasi Humas dan operator dari 39 Polres dan Polresta jajaran Polda Jatim.

    Dengan tema Strategi Pemantapan Komunikasi Publik Humas Polda Jatim Yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkedailan di era post truth di Masa Pandemi Covid -19, Rakernis Bid Humas Polda Jatim juga dihadiri oleh Kepala Biro SDM, Kabid Propam, Auditor Irwasda, PJU Bid Humas Polda Jatim dan Kapolres Pasuruan.

    Dalam sambutannya, Waka Polda Jatim menyampaikan bahwa Rakernis merupakan sarana melakukan evaluasi terkait pelaksanaan tugas yang telah 
    dilaksanakan dengan harapan bisa mengambil langkah dari kegiatan sebelumnya.

    Perwira Tinggi Polisi dengan satu bintang tersebut juga menegaskan akan pentingnya peran Humas dalam sebuah Instansi ataupun Institusi.

    Waka Polda Jatim menegaskan Restrukturisasi Humas bukan hanya pelengkap, karena melakukan cooling sistem dan Cipkon serta pembentukan opini publik.

    “Humas bukan hanya pelengkap,namun merupakan hal penting,” tegas Brigjen Pol Slamet, Kamis (30/9/21).

    Brigjen Slamet juga menyampaikan hal penting yang menjadi tugas Humas dalam sebuah Institusi yaitu bagaimana Humas membawa organisasi agar organisasi diterima oleh masyarakat.

    “Sekarang Humas tugasnya bagaimana membawa citra Kepolisian, membawa organisasi agar organisasi diterima masyarakat dan jangan sampai ada sikap antipati kepada Polri semua itu berkat bagaimana Humas menyajikan informasi ke public,menyampaikan dan memberikan penjelasan karena media merupakan pilar demokrasi,” ungkap Brigjen Pol Slamet.

    Di ujung sambutannya, orang nomor dua di Kepolisian Daerah Jawa Timur ini berpesan, agar peserta Rakernis hendaknya serius dalam mengikuti kegiatan karena akan disampaikan oleh para pakar yang exspert dibidangnya.

    Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko di tempat yang sama mengungkapkan, bahwa tujuan Rakernis kali ini adalah untuk mewujudkan soliditas Humas Polda Jatim dan tersosialisasinya program Polri terutama program komunikasi publik.

    ”Agar Humas Polda Jatim sebagai Police System Kamtibmas di Jawa Timur mampu mengimplementasikan tugas Polri  masa depan dalam opini positif guna mendukung stabilitas Kamtibmas di Jatim,” kata Kombes Gatot.

    Rakernis Bidang Humas Polda Jatim kali ini akan dilaksanakan selama dua hari dan memberikan materi pelatihan tentang komunikasi public dengan narasumber dari  Pakar komunikasi publik Universitas Airlangga Surabaya. (dw-1)