http://infobalinews.com/AssetsSite/img/icon/Logo_Kiri20170914102329.png

Nelayan Pendatang Sasaran Patroli Dialogis Sat Polair Jembrana

  • Senin, 09-Desember-2019 (23:23) Binkam admin

    Infobalinews - Polda Bali - Polres Jembrana - Satuan Polisi Perairan, Kegiatan Patroli dialogis maupun sambang dengan warga masyarakat nelayan merupakan giat rutin yang dilaksanakan anggota Kepolisian khususnya yang di laksanakan oleh Anggota Sat Polair Polres Jembrana Pos Pengambengan, dengan tujuan untuk menyerap informasi yang berkembang dimasyarakat sehingga riak riak kecil yang di duga dapat menimbulkan gangguan kamtibmas segera bisa diatasi serta keberadaan Polri di tengah tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekitarnya, dan kegiatan patroli maupun sambang yang dilakukan oleh Polri dapat menarik simpati masyarakat sehingga kedepan Polri makin dekat dan dicintai oleh masyarakat.

    Sesuai himbauan dan penekanan Kasat Pol Air Polres Jembrana Iptu H.Eddy Waluyo. SH kepada anggota Sat Pol Air untuk selalu memantau situasi wilayah pesisir agar selalu kondusif untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pesisir yang ada di pengambengan dan sekitarnya.

    Untuk itu Padal Aiptu  Suta Negara bersama Bripka Darwis, SH dan Muchsin Rodisi malakukan dialogis dengan nelayan pendatang dari Situbondo Jawa Timur atas nama bapak Haryanto dan abknya di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan.

    Dalam dialogis tersebut, Padal Aiptu Suta Negara menghimbau dan  menyampaikan pesan pesan Kamtibmas kepada bapak Haryanto dan abknya, sebagai nelayan pendatang agar selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat setempat sehingga tidak menimbulkan ketersinggungan dari masyarakat setempat bahkan mengakibatkan kerusuhan yang mana hal tersebut akan sangat berdampak pada gangguan kamtibmas. Dihimbau juga kepada bapak Haryanto dan abknya agar jangan minum minuman keras di areal Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan. Dalam kesempatan dialogis tersebut Padal Aiptu Suta Negara menekankan kepada bapak Haryanto dan abknya apabila kerja mencari ikan di laut agar jangan menggunakan bom ikan atau bom molotov karna akan dapat merusak terumbu karang maupun biota laut lainnya serta agar tidak menangkap ikan yang dilindungi seperti ikan parimanta, penyu maupun baby lobster.

    Kegiatan dialogis yang dilakukan oleh Sat Polair Polres Jembrana, bapak Haryanto memberikan respon sangat positif, dan  memberikan ucapan terimakasih atas himbauan yang diberikan padanya dan dirinya bersama abknya baru tadi sore berlabuh di dermaga pengambengan untuk mengisi bbm solar dan untuk istirahat sebentar dan sebentar malam akan kerja lagi untuk mencari ikan.

    Minggu ( 8/12 ) pkl. 20.30 s/d 21. 00 wita, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif. (Satuan Polisi Perairan Polres Jembrana).