http://infobalinews.com/AssetsSite/img/icon/Logo_Kiri20170914102329.png

Meski Medan Geografis Sulit, Tak Surutkan Satgas Nemangkawi Buru Kelompok Teroris di Papua

  • Minggu, 23-Mei-2021 (22:00) Binkam lena@gmail.com

    TIMIKA - 

    Meski dengan kondisi geografis dan medan yang sulit, namun pasukan TNI-Polri yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi di Papua takkan pernah gentar dalam memburu kelompok kriminal teroris bersenjata (KKTB).
    "Saat ini mereka termonitor IT  sudah kabur dan mundur sampai ke daerah Kuyawage wilayah lany jaya, dan pasukan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah Puncak Papua," kata Kombes M.Iqbal ASik saat berbincang dengan media di Timika. Minggu ( 23/05 )

    Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Polisi M. Iqbal Alqudusy tidak menampik jika dilapangan KKTB lebih menguasai medan, karena kelompok ini lebih mengenal kondisi geografis Papua.

    " Ini adalah daerah tempat main nya mereka sejak kecil", 
    "Medan dan kondisi geografisnya luar biasa. Soal penguasaan medan, mereka (KKTB) lebih menguasai daripada kami,” kata Kombes Iqbal, minggu  (23/5/2021).

    Selain kondisi geografis, faktor lainnya karena masih ada oknum oknum masyarakat yang diduga memberikan informasi dan  perlindungan kepada KKTB saat dilakukan pengejaran dari pasukan TNI-Polri.

    KKTB selalu menjadikan masyarakat sebagai tameng hidup. Hal ini menurut Kombes Iqbal, membuat pihaknya kesulitan dalam melakukan penindakan, karena tidak menginginkan adanya jatuh korban dari masyarakat. 

    Simpatisan KKTB dari masyarakat juga menjadi faktor lainnya, hingga KKTB dengan mudah melakukan penyerangan terhadap pasukan TNI-Polri saat dilakukan pengejaran.

    Simpatisan ini berada di tengah-tengah masyarakat, dan selalu memberikan informasi 
    kepada KKTB. 

    Meski demikian, kata Kombes Iqbal, saat ini pihaknya tengah melakukan pemisahaan antara masyarakat dan simpatisan KKTB. 
     
    "IT dan Peralatan kita cukup canggih untuk mengetahui dan memisahkan KKTB atau masyarakat, ini yang kita lakukan sekarang," tutur Kombes Iqbal. 

    Kombes Iqbal menuturkan, kemampuan bertempur KKTB tidak sebanding dengan kehebatan pasukan TNI-Polri. Hanya saja faktor geografis lebih dikuasai KKTB.

    Meski dengan kondisi geografis dan medan yang sulit, namun kendala yang dihadapi itu tidak menyurutkan Satgas Nemangkawi dalam upaya penegakan hukum secara tegas dan terukur terhadap KKTB.

    Terbukti, dalam beberapa pekan penegakan hukum terhadap KKTB di Kabupaten Puncak tidak terdapat korban dari masyarakat sipil, seluruhnya terindetifikasi baik melalui olah TKP maupun identifikasi Drone IT 

    Korban tewas, semuanya merupakan anggota KKTB pimpinan Lekagak Talenggeng. Bahkan salah satunya ajudan pribadi Lesmin Waker yang merupakan komandan pasukan wilayah pintu angin. 

    "Sulitnya medan geografis tidak menyurutkan semangat Satgas Newangkawi dalam penegakan hukum secara tegas dan terukur terhadap Kelompok Teroris di Papua," terang Iqbal

    Warning untuk KKTB ini agar menyerah dan mulai berfikir bagaimana membangun papua dalam Bingkai NKRI

    "Papua dihati, Bekerja Sepenuh Hati, NKRI Sampai mati",pungkas Iqbal. (')