http://infobalinews.com/AssetsSite/img/icon/Logo_Kiri20170914102329.png

Sat Pol Air Polres Jembrana Periksa Jukung Nelayan yang Sandar di Pesisir Teluk Gilimanuk (Karang Sewu)

  • Minggu, 11-Maret-2018 (15:39) Binkam putu@gmail.com

    Info Bali-Polda Bali-Polres Jembrana-Satuan Polisi Perairan

    Patroli pesisir adalah upaya yang dilakukan Pol Air Gilimanuk Polres Jembrana untuk memantau dan mengawasi daerah pesisir Gilimanuk.

    Hal ini dilakukan untuk mencegah keluar masuknya orang maupun barang berbahaya seperti pelaku kejahatan, pelaku teror (teroris), hasil kejahatan, narkoba, handak maupun kerawanan lain melalui pesisir pantai Gilimanuk.

    Kasat Pol Air Polres Jembrana Iptu H Eddy Waluyo, SH selalu mengingatkan kepada anggota jaga agar tetap melaksanakan patroli secara rutin ke pelabuhan tradisional, tempat - tempat keramaian dan obyek vital.

    Untuk menjaga dan memelihara situasi kamtibmas tetap kondusif, mencegah adanya tindakan gangguan keamanan dan kriminalitas di wilayah hukum Sat Pol Air Polres Jembrana.

    Menindak lanjuti arahan tersebut, Perwira Pengendali (Padal) Aiptu I Kadek Sudia, SH bersama 2 (dua) orang personil jaga malam Pol Air Gilimanuk Polres Jembrana Bripka Sobarudin dan Brigadir Ahmad Baidowi melaksanakan Patroli pesisir Teluk Gilimanuk (Karang Sewu), Minggu (11/3) pukul 01.30 wita.

    Memeriksa jukung nelayan dengan juragan a.n Supriadi, 35 thn, nelayan, Islam, dan Made Gembrot, 40 thn, Nelayan, Islam dari Lingk. Asri Gilimanuk, yang baru datang dari melaut diperairan Selat Bali.

    Saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan dan barang-barang yang berbahaya, disampaikan himbauan kepada yang bersangkutan tentang perubahan cuaca yang tidak menentu.

    Dengan maraknya kejadian kecelakaan di laut (sampan tenggelam) dikarenakan gelombang pasang (besar), dihimbau kepada yang bersangkutan untuk selalu waspada dan melengkapi diri dengan alat keselamatan seperti pelampung (life jacket) saat melaut, untuk mencegah kejadian yang tidak dinginkan.

    Dalam kesempatan tersebut Padal menyelipkan pesan-pesan kamtibmas terkait dilaksanakannya tahapan Pemilukada Provinsi Bali 2018.

    Aman dan lancar dalam pemilukada adalah dambaan kita bersama, untuk itu Sat Pol Air Polres Jembrana meningkatkan Sinergitas Kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat.

    Walaupun warna atau pilihan kita berbeda dalam berdemokrasi mari kita satukan langkah untuk kemajuan Indonesia dalam bingkai NKRI demi terwujudnya persatuan antar anak bangsa.

    Dan apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera menginformasikan kepada aparat /  Kantor Polisi terdekat sehingga secepat mungkin dapat ditindak lanjuti.

    Pada saat melaksanalan kegiatan mencari ikan jangan sampai menggunakan alat-alat/bahan-bahan yang berbahaya seperti bom ikan dan potasium, karena akan berdampat rusaknya lingkungan hidup dan ekositem yang ada di laut, tutur Aiptu Kadek ".

    Terimakasih banyak atas saran dan himbauannya, mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak baik di wilayah Gilimanuk, dan selama ini kami beraktifitas dilaut menggunakan alat tangkap ikan tradisional berupa jaring dan pancing.

    Kami siap membantu aparat keamanan untuk menjaga keamanan perairan/pesisir Bali, khususnya perairan/pesisir Gilimanuk dan ikut serta menjaga kerukunan agar tercipta pemilukada 2018 aman dan damai, tutur Supriadi mewakili rekannya".

    Kegiatan patroli dialogis dan sambang selesai pukul 03.00 wita berjalan lancar serta situasi dalam keadaan aman.(Sat Pol Air).